MENGAPA KITA BISA “BINDENG”?


            Bindeng atau sengau sebenarnya berarti dengung. Dengung ini terjadi pada telinga kita, sehingga telinga kita serasa tersumbat oleh benda asing. Karenanya, udara tidak bisa lewat untuk bersirkulasi, dengan lubang hidung dan kerongkongan. Akibat suara kita akan terdengar aneh. Hampir semua manusia pernah mengalaminya.
            Bindeng bisa terjadi saat kita terserang flu berat, saat mendaki gunung, dalam pesawat yang sedang take off atau dalam sebuah ruang hampa. Bagaimana sejatinya bindeng terjadi? Ikuti saja penjelasan materi berikut :
            Dalam telinga terdapat alat yang bernama Saluran Eustachius, yang berhubungan dengan tenggorokan. Fungsinya untuk menjaga agar tekanan udara di dalam dan di luar telinga seimbang. Jika kita berada dalam kondisi yang tekanan udara udara luarnya lebih rendah daripada dalam tubuh, maka udara dalam tubuh akan menekan keluar, melalui telinga kita. Pada keadaan demikian, Saluran Eustachius akan terus berusaha menyeimbangkan tekanan di dalam dan di luar telinga. Dia akan membentuk ruang khusus dengan membuat ‘ruang hampa’. Manfaatnya, agar sistem dalam tubuh kita seimbang. Kita tidak terguling saat berdiri, atau pingsan saat kondisi buruk.
            Nah, yang membuat bindeng adalah terciptanya ruang hampa di sekitar daerah telinga. Sepertinya kita mendengar suara “...ngungg..” atau kita mengeluarkan suara aneh atau sengau.
            Tapi jangan kawatir kawan, bindeng itu bisa segera hilang kok! Bukan merupakan penyakit walau sedikit mengganggu. Bindeng hanya sebuah dampak dari kegiatan tubuh kita yang bertujuan baik. Hmmm.. begitu hebat telingan kita, ya.. sehingga kita tetap bisa melakukan apapun dengan nyaman.
            Pesan Cindy Aprilia, lakukan kegiatan seperti biasa walau sedikit terganggu. Namun bila bindeng yang kawan rasakan amat mengganggu dan berasal dari sakit flu yang akut, ada baiknya diperiksakan ke dokter agar mendapat obat. Oke. @

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download + Lyric Moves Like Jagger - Maroon 5 feat Christina Aguilera

Descriptive Text - R. A. KARTINI

Download + Lyric One Thing - One Direction