Jurang di Mars Jadi yang Terbesar di Tata Surya



Grand Canyon adalah jurang dan ngarai terbesar di dunia. Namun baru-baru ini foto dari Mars menunjukkan dengan setil jurang dan ngarai terbesar di sistem tata surya. Tempat itu diberi nama Valles Marineris dan berkali-kali lipat ukutan Grand Canyon.

Valles Marineris berukuran raksasa dengan panjang mencapai 4000 km, lebar 200 km dan kedalaman mencapai 10 km. Ukuran jurang tersebut 10 kali lebih panjang dan 5 kali dalam dari Grand Canyon. Ukuran fantastis itu sama dengan jarak dari ujung Amerika timur hingga Amerika Barat.

Foto panorama Valles ini dipotret oleh 20 satelit orbit yang berbeda dan mampu menunjukkan kerumitan bentuk fisik geologi tersebut. Tanah longsor juga telah memainkan peran dalam membentuk jurang, terutama di paling utara palung. "Aktivitas vulkanik ini terungkap oleh sifat batuan di dinding ngarai dan dataran sekitarnya, yang dibangun oleh aliran lava berturut-turut," tulis European Space Agency (ESA).

Nama Valles Marineris diambil dari pesawat ruang angkasa NASA pertama yang mengorbit Mars dan menemukan jurang ini pada 14 November 1971. Namun baru kali ini manusia dapat melihat dengan detil dan dalam warna sebenarnya dari jurang tersebut. Diperkirakan Valles Marineris ini dibentuk akibat aktivitas Vulkanik di daerah Tharsis, tempat gunung tertinggi di tata surya bernama Olympus Mons berada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download + Lyric Moves Like Jagger - Maroon 5 feat Christina Aguilera

Descriptive Text - R. A. KARTINI

Download + Lyric One Thing - One Direction