Maskapai di China Seleksi Pilot dengan Tes Bau Ketiak

      Lazimnya tes untuk menjadi pilot maskapai penerbangan memang tidak mudah dan tampaknya semakin sulit di China. Maskapai di China memiliki syarat khusus yang membuat calon pilot dengan kemampuan sebagus apapun gugur di tahapan ini. Hainan Airlines menerapkan tes bau badan. 

      Untuk mengetahui ada bau badan atau tidak para penguji dari Hainan Airlines pun harus rela mengendus ketiak peserta ujian. Jika tercium bau tidak sedap peserta akan dinyatakan gagal meski sudah memiliki kemampuan teknis baik. 

      Tes kontroversial yang dinilai tidak adil ini pun sudah memakan korban. Salah seorang calon pilot yang sudah lulus di semua ujian gagal saat di tahapan tes bau badan ini. "Saya tersingkir karena bau ketiak saya," ucapnya yang tak ingin disebut namanya. 

      Maskapai penerbangan terbesar keempat di China itu menolak tes bau badan ini disebut mengada-ada. Menurut mereka seluruh kru pesawat terbang tidak boleh memiliki badan yang bau, termasuk para pilot. Pasalnya pekerjaan mereka di lapangan berhubungan dekat dengan para penumpangnya. 

      "Tak ada penumpang yang ingin mencium bau badan tidak sedap dari tubuh pilot," ujar salah seorang penguji. "Jika mereka bisa tetap tenang dalam ujian ini maka mereka tak akan berkeringat di dalam kokpit."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download + Lyric Moves Like Jagger - Maroon 5 feat Christina Aguilera

Descriptive Text - R. A. KARTINI

Download + Lyric One Thing - One Direction